Sabtu, 06 Agustus 2011

Sony Ericsson txt pro - Review

Desain
Sony Ericsson txt pro memiliki desain melengkung yang pas di telapak tangan. Desain secara keseluruhan sedikit meminjam dari Xperia Mini. Selain layar sentuh, ia juga memiliki keyboard qwerty yang disembunyikan dibelakang layar. Tinggal dorong ke arah kanan, kita akan menemukannya. Keyboard ini walaupun kecil namun tetap enak saat dipakai mengetik teks.

Memiliki layar WQVGA touchscreen capacitive berukuran 3 inchi. Layarnya cukup terang dan bersahabat di mata. Handphone memiliki dua homescreen - yang pertama menampilkan jam, sedangkan yang kedua dihiasi fitur friends. Keempat sudut homescreen dihiasii menu untuk browser, messaging, call dialing, dan phonebook.

Di bawah layar ada tombol Home, untuk kembali ke menu utama. Sisi kanan Sony Ericsson txt disambangi tombol pengatur volume dan shutter untuk kamera. Tombol daya / pengunci layar dipasang di bagian atas handphone. Tepat di sebelahnya adalah port jack audio 3.5mm reguler dan port microUSB, keduanya dibiarkan terbuka tanpa karet penutup.

Catatan

Handphone tidak memiliki hotswap untuk microSD

Fitur
Friends  adalah salah satu fitur yang menarik dari Sony Ericsson txt pro. Dengan fitur ini kita bisa menampilkan update status Twitter, Facebook dan SMS dari lima teman yang dapat kita pilih dari phonebook.  Update status Facebook bisa kita beri tanda "like" dan mengomentari status atau foto mereka, tetapi tidak bisa untuk posting update status milik sendiri. Demikian juga halnya dengan Twitter, kita hanya bisa membaca dan membalas tweet seorang teman.

Resolusi 3.15 Megapixels dirasa mencukupi untuk menghasilkan foto. Ia juga bisa merekam video dengan kualitas gambar QVGA.  Tanpa lampu flash mengambil gambar di dalam ruangan menjadi sedikit sulit. Gambar yang sudah ditangkap bisa langsung diunggah ke akun layanan penyimpanan foto picasa, atau dikirim lewat email dan MMS

Untuk internetan, TXT Pro hanya mensuport hingga kecepatan EDGE. Kita juga bisa mengakeses dunia maya via jaringan WiFi. Secara default IM di handphone ini hanya google Talk, sedang untuk email sudah ada Gmail dan Yahoo!Mail.
Catatan
Kita bisa menggunakan opera mini ataupun Browser HTML bawaan TXTpro untuk berselancar di dunia maya.

Kinerja

Menggunakan prosesor PNX-4910, pemrosesan datanya cukup baik, walau tidak seistimewa seri Xperia milik sony Ericsson. Handphone ini memiliki dua kekurangan. Yaitu tingkat sensitifitas layar sentuh capacitive-nya yang kurang baik. Juga fitur imagingnya yang tidak memiliki opsi-opsi seperti digital zoom, pengaturan cahaya dan sebagainya. Jadi hasil fotonya sudah pasti kurang optimal. Untungnya browser juga music player handphone ini cukup mumpuni dan mudah digunakan.

Dilengkapi baterai lithium Ion 1000 mAh, handphone mampu bertahan cukup lama. Apalagi fungsi internetnya hanya mencapai 2G, jadi tidak seboros handphone-handphone dengan akses 3G. Pihak Sony ericsson memperkirakan handphone TXT pro mampu bertahan 400 jam di moda siaga dan 5 jam di moda bicara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar